LAPORAN KUNJUNGAN KE PT MIZAN PUSTAKA

LAPORAN KUNJUNGAN
PT.MIZAN PUSTAKA

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas akhir
mata kuliah Junalisme Dakwah
Dosen Pengampu : Dr. Uwes Fatoni, M.Ag
Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018







Oleh:
NDIYA AFIDHAH
NIM : 1164020121

Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
2017


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan PT.Mizan Pustaka ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa kendala. Maksud dan tujuan penyusunan Laporan Kunjungan ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas akhir mata kuliah Junalisme Dakwah Dosen Pengampu : Dr. Uwes Fatoni, M.Ag. Adapun penyusunan Laporan Kunjungan ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan, serta data-data dan keterangan dari pembimbing. Saya menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Kunjungan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini kamimenyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.      Bapak dosen jurnalisme dakwah
2.      Teman-teman Komunikasi Penyiaran Islam
3.      PT.Mizan Pustaka
Akhirnya, penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan masih banyak kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurrnaan Laporan kunjungan ini. Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.


Bandung,  Januari 2018

Penyusun





DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
   A.    Latar Belakang Masalah
   B.     Tujuan Kunjungan
   C.     Tujuan Laporan
   D.    Manfaat Kunjungan
   E.     Lokasi Kunjungan
Bab II Pembahasan 
A.            Sejarah  Perusahaan Mizan Publishing House
B.            PT Mizan Pustaka
C.            Kegiatan Pt. Mizan Pustaka
Bab III Penutup
   A.    Kesimpulan



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah
Membaca dan menulis tidak bisa dipisahkan, sejak ecil kita diajari untuk membaca dan menulis. Sampai sekarung pun masih, bahkan membaca dan menulis harus menjadi suatu kewajiban bagi kita selaku mahasiswa. Dengan membaca kita bisa mengenal dunia, tetapi dengan menulis kita bisa dikenal oleh dunia.
Kunjungan ini dipilih untuk menambah pengalaman mahasiswa tentang dunia percetakan buku. Kami dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan untuk memperoleh pengetahuan tentang bagaimana sebuah buku bisa diterbitkan.
Kunjungan ini dilakukan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang proses pernerbitan hingga percetakan sebuah buku. Mahasiswa harus mengetahui syarat diterbitkannya sebuah buku dan hal ini berbanding lurus dengan mata kuliah jurnalisme dakwah yag mewajibkan mahasiswa untuk menulis.
Di era milenial ini, kebutuhan akan buku bacaan terus bertambah entah itu buku pengetahuan, fiksi, maupun yang lainnya. Ada keuntungan bagi para pengusaha untuk berinvestasi dalam percetakan dan penerbitan buku, bukan hanya keuntungan tapi ilmunya pun semakin bertambah luas, sperti Percetakan dan Penerbit Mizan yang kali ini akan saya bahas

B.     Tujuan Kunjungan
1.       Memperluas pengetahuan mahasiswa tentang penerbitan dan percetakan buku.
2.        Memberikan informasi bagaimana sebuah buku bisa diterbitkan.
3.      Agar mahasiswa termotivasi untuk menulis buku.

C.     Tujuan Laporan
Laporan ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi salah satu tugas akhir mata kuliah Jurnalisme Dakwah sebagai dokumentasi kegiatan kunjungan.
Adapun metode yang digunakan, yaitu:
1.         Metode Observasi
Penyusun melakukan observasi lapangan untuk mengambil dan mengumpulkan  data.
2.      Metode Wawancara
Penulis melakukan tanya jawab dengan pembimbing.

D.    Manfaat Kunjungan
Diharapkan mahasiswa dapat mengambil manfaat dalam kesempatan kunjungan ke PT.Mizan Pustaka yaitu mahasiswa dapat mengetahui tentang penerbitan dan percetakan buku, mengetahui bagaimana sebuah buku bisa diterbitkan, dan termotivasi untuk menulis buku.

E.     Lokasi Kunjungan
Lokasi kunjungan ke PT. Mizan Pustaka yang berada di Jl. Cinambo No. 135, Cisaranten Wetan, Bandung.




BAB II
PEMBAHASAN



A.      Sejarah  Perusahaan Mizan Publishing House
Dalam bahasa Arab, Mizan memiliki makna seimbang. Perusahaan ini didirikan oleh tiga orang mahasiswa beserta dua seniornya pada tahun 1983. Awal tujuan pendirian perusahaan tersebut adalah untuk membangun aras baru beragam karya keislaman di Indonesia. Pertama kali memulai usahanya, Mizan hanya menerbitkan buku-buku terjemahan dari penulis luar negeri yang cukup terkemuka. Namun, perlahan tapi pasti, Mizan mulai menemukan bentuk atau karakter aslinya melalui berbagai karya keislaman yang mewakili beragam sudut pandang modern secara serius.
Guna menjawab tantangan perkembangan bisnis yang sangat pesat, Mizan mulai membentuk sebuah holding company yang bernama Mizan Publika pada tahun 1999 dan meluncurkan sebuah program rekayasa ulang atau reenginering pada tahun 2011. Mulai saat itu, Mizan mulai membagi diri ke dalam beberapa unit bisnis yang otonom dan dinamis sehingga mampu menyesuaikan diri terhadap pergerakan lingkungan bisnis yang super cepat. Program reenginering yang dilakukan Mizan menghasilkan berbagai unit bisnis baru yang strategis, seperti lini penerbitan, penjualan, distribusi, percetakan, galeri buku online, serta unit learning center yang difungsikan untuk mengadakan pelatihan-pelatihan.
Tahun pertama, Mizan hanya menerbitkan 3 buah buku per bulan. Namun, kemudian mizan mampu menciptakan 600 judul buku lebih per tahun. Bahkan, buku-buku yang diproduksi Mizan mampu menjadi karya-karya yang best seller. Oleh karena itu, tidaklah mengehrankan jika Mizan sekarang dikenal sebagai satu di antara perusahaan penerbitan terbesar di Indonesia.
Sukses di pasar domestik, Mizan tidak lantas berpuas diri. Jangkauan bisnis Mizan pun mulai merambah ke pasar luar negeri. Adalah Mizan International yang menjadi lini bisnis Mizan untuk urusan international. Dalam proses perluasan bisnis ke luar negeri, Mizan International melakukan 3 cara. Pertama, mendistribusikan buku-buku Mizan yang berbahasa Indonesia ke masyarakat melayu dan masyarakat Indonesia yang menetap di negeri Jiran, Malaysia. Kedua, menerjemahkan buku-buku berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Ketiga, Mizan mulai menangani segala hal yang berkaitan dengan copyright melalui lembaga
yang diciptakannya, yakni Mizan Literacy Agency (MLA).
Hingga saat ini, Mizan telah memiliki berbagai unit usaha yang kebanyakan berlokasi di Bandung dan Jakarta. Salah satu unit usaha yang dimaksud adalah lini penerbitan, seperti PT Mizan Pustaka, PT Bentang Pustaka, Penerbit Hikmah, Pelangi Mizan, PT Mizan Bunaya Kreativa/DAR! Mizan, Penerbit Kaifa, PT Lingkar Pena Kreativa, Mizania, dan Qanita.

B.       PT Mizan Pustaka

Mizan Pustaka merupakan bagian dari Mizan Publika Group, salah satu penerbitan terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1983, publikasi awal terutama berupa buku terjemahan karya pemikir terkemuka. Kini, Mizan Pustaka adalah penerbit yang berbasis luas dengan kekuatan dalam genre fiksi, kesehatan, buku bisnis, buku anak-anak, referensi, agama, dan non-fiksi populer.
Sebagai salah satu penerbut terkemuka di Indinesia, Mizan Pustaka membawa sejarah penerbitan yang membanggakan. Dari hanya tiga buku perbulan pada tahun-tahun pertamanya, Kelompok Mizan kini telah memproduksi total sekitar 600 buku per tahun dan berhasil menerbitkan banyak karya laris. Di dalam kelompok penerbitnya terdapat bebrerapa imprint dan lini seperti Qanita, Kaifa, Mizana, dan DAR!  Mizan untuk buku anak dan remaja.
Mizan Pustaka memiliki reputasi dalam keunggulan kualitas produk serta komitmen pada pelayanan. Keahlian editorial kami, standar yang tinggi dalam desain dan nilai-nilai mendorong kami untuk bekerja keras memproduksi buku-buku terbaik. Berbagai buku yang diterbitkan oleh Mizan Pustaka telah secara teratur memenangkan penghargaan dari Asosiasi Penerbit Buku Indonesia.Banyak di antara penulis menempati daftar buku terlaris nasional dan penerima hadiah sastra besar di Indonesia.
Mizan Pustaka secara konsisten berada di garis depan dalam inovasi dan mengikuti perkembangan teknologi, Mizan Pustaka adalah penerbit Indonesia pertama yang menuadi mitra utama Google Book Search pada tahun 2008, dan sekarang siap untuk mendigitalkan konten dan produk sebagai e-book untuk memnuhi permintaan konsumen dan menghasilkan peluang bisnis tambahan.


·         Pengumpulan naskah

·         Penyuntingan di bagian editorial

·         Desain Cover

·         Promosi pra-percetakan

·         Cetak

·         Promosi pasca-percetakan

·         Pendistribusian ke toko buku

·         Penerbitan sampai ke konsumen


Kriteria Pengajuan Naskah Nonfiksi 
Kriteria naskah:
1.      Isi naskah dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
2.      Naskah ditulis secara logis dan sistematis dan karya asli.
3.      Belum pernah dipublikasikan penerbit lain.
4.      Memiliki rujukan yang jelas.
5.      Memiliki orisinalitas atau kebaruan.
6.      Memiliki peluang pasar (marketabilitas) yang bagus.
7.      Tulisan utuh/padu (monograf), bukan kumpulan tulisan.
8.      Bukan karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi).

Kriteria Pengajuan Naskah Novel 
Kriteria naskah:
1.      Naskah harus karya asli
2.      Belum pernah dipublikasikan penerbit lain.
3.      Memiliki cerita yang unik dan tidak klise.
4.      Naskah ditulis dengan rapi (logis dan sistematis).
5.      Memiliki peluang pasar (marketabilitas) yang bagus.
6.      Tulisan utuh/padu (monograf), bukan kumpulan tulisan.
7.      Tidak menimbulkan kontroversi, terutama berhubungan dengan moral dan agama.
8.       Sertakan Sinopsis


Prosedur Pengajuan Naskah 
(Jika naskah telah memenuhi kriteria tersebut di atas)
1.      Surat pengantar.
2.      CV (Daftar Riwayat Hidup) dengan alamat lengkap nomor telepon yang dapat dihubungi.
3.      Naskah: 1) Keseluruhan isi naskah, 2) Berupa fotokopi (bukan asli/master), hard-copy atau print-out (redaksi belum melayani naskah via email jikapun ya redaksi lebih    mendahulukan utk mengevaluasi naskah yg dikirim dalam bentuk hardcopy), diketik komputer (bukan ketikan mesin tik manual).
4.      Kirim ke:
Redaksi Penerbit Mizan
-U.p. Bpk. Andityas Prabantoro, redaksi tidak menerima naskah PUISI (untuk naskah bertema keislaman dan dewasa (umum).
-U.p. Bpk. Benny Rhamdani (untuk naskah bertema umum (remaja), novel, cerpen, remaja, anak) persyaratan tambahan untuk naskah remaja dan anak: panjang naskah minimal 70 hal, maksimal 150 halaman, spasi satu, font times new roman 12pt, A4.
1.      Novel anak: petualangan yang seru dan lucu berbau detektif (modern, lincah, humor)
2.      Ilustrated book: kisah-kisah menakjubkan yang cocok buat anak.
3.      Buku penunjang pelajaran SD yang disajikan dengan gaya populer.
4.      Untuk lebih memahami trend saat ini silakan baca dan lihat produk-produk terbaru DAR!

Keterangan
1.      Jangka waktu evaluasi naskah kurang lebih 3 bulan. secara bertahap akan kami upayakan agar maksimal respons dalam waktu 1 bulan. Paling lama 6 bulan.
2.      Jika Redaksi menolak penerbitan naskah, akan kita kabari via surat atau telepon., bahan naskah tidak akan dikirimkan kembali kecuali disertai perangko yang mencukupi.
3.      Apabila naskah layak terbit, kami akan kabari via surat dan telepon dan dillanjutkan dengan pembuatan Surat Perjanjian Penerbitan. Dan penulis  akan diberikan pilihan oleh PT. Mizan Pustaka untuk memelih antara keuntungan secara Royalti atau Jual Putus. Maksud dari Royalti ini penulis akan diberikan 10% dari hasil penjualan buku. Sedangkan Jual Putus yaitu penulis menjual naskahnya dengan sekali pembayaran. Perjanjian ini dilakukan diatas materai.

                            



BAB III
PENUTUPAN

A.    Kesimpulan
Mizan Pustaka merupakan bagian dari Mizan Publika Group, salah satu penerbitan terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1983, publikasi awal terutama berupa buku terjemahan karya pemikir terkemuka. Hingga saat ini, Mizan telah memiliki berbagai unit usaha yang kebanyakan berlokasi di Bandung dan Jakarta. Salah satu unit usaha yang dimaksud adalah lini penerbitan, seperti PT Mizan Pustaka, PT Bentang Pustaka, Penerbit Hikmah, Pelangi Mizan, PT Mizan Bunaya Kreativa/DAR! Mizan, Penerbit Kaifa, PT Lingkar Pena Kreativa, Mizania, dan Qanita. Di dalam kelompok penerbitnya terdapat beberapa imprint dan lini seperti Qanita, Kaifa, Mizana, dan DAR!  Mizan untuk buku anak dan remaja.

Kegiatan di PT.Mizan sendiri yakni pengumpulan naskah, penyuntingan, desain cover, promosi pra cetak, cetak, promosi pasca cetak, pendistribusian, dan penerbitan. Kriteria untuk mengajukan sebuah naskah ke Mizan antara naskah Fiksi dan Nonfiksi berbeda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Melawan Berita Hoax

Rizky Fajar : Jangan Lupakan Diri Sendiri