LAPORAN KUNJUNGAN KE PT MIZAN PUSTAKA
LAPORAN KUNJUNGAN
PT.MIZAN PUSTAKA
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
akhir
mata kuliah Junalisme Dakwah
Dosen Pengampu : Dr. Uwes Fatoni, M.Ag
Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018
Oleh:
NDIYA AFIDHAH
NIM : 1164020121
Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung
Djati Bandung
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya
ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya,
sehingga penyusunan Laporan Kunjungan PT.Mizan Pustaka ini dapat terselesaikan
dengan baik tanpa kendala. Maksud dan tujuan penyusunan Laporan Kunjungan ini
adalah untuk memenuhi salah satu tugas akhir mata kuliah Junalisme Dakwah Dosen
Pengampu : Dr. Uwes Fatoni, M.Ag. Adapun penyusunan Laporan
Kunjungan ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan, serta
data-data dan keterangan dari pembimbing. Saya menyadari bahwa dalam penyusunan
Laporan Kunjungan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu
pada kesempatan ini kamimenyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1. Bapak dosen jurnalisme
dakwah
2. Teman-teman Komunikasi
Penyiaran Islam
3. PT.Mizan Pustaka
Akhirnya, penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan masih banyak kekurangan.
Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang
membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurrnaan Laporan kunjungan
ini. Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya
bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.
Bandung, Januari 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Tujuan Kunjungan
C. Tujuan Laporan
D. Manfaat Kunjungan
E. Lokasi Kunjungan
Bab II Pembahasan
A. Sejarah
Perusahaan Mizan Publishing House
B. PT Mizan Pustaka
Bab III Penutup
A. Kesimpulan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Membaca dan menulis tidak bisa
dipisahkan, sejak ecil kita diajari untuk membaca dan menulis. Sampai sekarung
pun masih, bahkan membaca dan menulis harus menjadi suatu kewajiban bagi kita
selaku mahasiswa. Dengan membaca kita bisa mengenal dunia, tetapi dengan
menulis kita bisa dikenal oleh dunia.
Kunjungan
ini dipilih untuk menambah pengalaman mahasiswa tentang dunia percetakan buku.
Kami dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan untuk memperoleh
pengetahuan tentang bagaimana sebuah buku bisa diterbitkan.
Kunjungan
ini dilakukan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang proses
pernerbitan hingga percetakan sebuah buku. Mahasiswa harus mengetahui syarat
diterbitkannya sebuah buku dan hal ini berbanding lurus dengan mata kuliah
jurnalisme dakwah yag mewajibkan mahasiswa untuk menulis.
Di era milenial ini, kebutuhan akan buku bacaan terus
bertambah entah itu buku pengetahuan, fiksi, maupun yang lainnya. Ada keuntungan
bagi para pengusaha untuk berinvestasi dalam percetakan dan penerbitan buku,
bukan hanya keuntungan tapi ilmunya pun semakin bertambah luas, sperti
Percetakan dan Penerbit Mizan yang kali ini akan saya bahas
B. Tujuan Kunjungan
1. Memperluas pengetahuan
mahasiswa tentang penerbitan dan percetakan buku.
2. Memberikan informasi bagaimana sebuah buku bisa
diterbitkan.
3. Agar mahasiswa
termotivasi untuk menulis buku.
C. Tujuan Laporan
Laporan
ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi salah satu tugas akhir mata kuliah
Jurnalisme Dakwah sebagai dokumentasi kegiatan kunjungan.
Adapun
metode yang digunakan, yaitu:
1. Metode Observasi
Penyusun melakukan
observasi lapangan untuk mengambil dan mengumpulkan data.
2. Metode Wawancara
Penulis melakukan
tanya jawab dengan pembimbing.
D. Manfaat Kunjungan
Diharapkan
mahasiswa dapat mengambil manfaat dalam kesempatan kunjungan ke PT.Mizan
Pustaka yaitu mahasiswa dapat mengetahui tentang penerbitan dan percetakan
buku, mengetahui bagaimana sebuah buku bisa diterbitkan, dan termotivasi untuk
menulis buku.
E. Lokasi Kunjungan
Lokasi
kunjungan ke PT. Mizan Pustaka yang berada di Jl. Cinambo No. 135, Cisaranten Wetan,
Bandung.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah
Perusahaan Mizan Publishing House
Dalam bahasa Arab, Mizan memiliki makna
seimbang. Perusahaan ini didirikan oleh tiga orang mahasiswa beserta dua
seniornya pada tahun 1983. Awal tujuan pendirian perusahaan tersebut adalah
untuk membangun aras baru beragam karya keislaman di Indonesia. Pertama kali
memulai usahanya, Mizan hanya menerbitkan buku-buku terjemahan dari penulis
luar negeri yang cukup terkemuka. Namun, perlahan tapi pasti, Mizan mulai
menemukan bentuk atau karakter aslinya melalui berbagai karya keislaman yang
mewakili beragam sudut pandang modern secara serius.
Guna menjawab tantangan perkembangan
bisnis yang sangat pesat, Mizan mulai membentuk sebuah holding company yang
bernama Mizan Publika pada tahun 1999 dan meluncurkan sebuah program rekayasa
ulang atau reenginering pada tahun 2011. Mulai saat itu, Mizan mulai membagi
diri ke dalam beberapa unit bisnis yang otonom dan dinamis sehingga mampu
menyesuaikan diri terhadap pergerakan lingkungan bisnis yang super cepat.
Program reenginering yang dilakukan Mizan menghasilkan berbagai unit bisnis
baru yang strategis, seperti lini penerbitan, penjualan, distribusi,
percetakan, galeri buku online, serta unit learning center yang difungsikan
untuk mengadakan pelatihan-pelatihan.
Tahun pertama, Mizan hanya menerbitkan 3
buah buku per bulan. Namun, kemudian mizan mampu menciptakan 600 judul buku
lebih per tahun. Bahkan, buku-buku yang diproduksi Mizan mampu menjadi
karya-karya yang best seller. Oleh karena itu, tidaklah mengehrankan jika Mizan
sekarang dikenal sebagai satu di antara perusahaan penerbitan terbesar di
Indonesia.
Sukses di pasar domestik, Mizan tidak
lantas berpuas diri. Jangkauan bisnis Mizan pun mulai merambah ke pasar luar
negeri. Adalah Mizan International yang menjadi lini bisnis Mizan untuk urusan
international. Dalam proses perluasan bisnis ke luar negeri, Mizan
International melakukan 3 cara. Pertama, mendistribusikan buku-buku Mizan yang
berbahasa Indonesia ke masyarakat melayu dan masyarakat Indonesia yang menetap
di negeri Jiran, Malaysia. Kedua, menerjemahkan buku-buku berbahasa Indonesia
ke dalam bahasa Inggris. Ketiga, Mizan mulai menangani segala hal yang
berkaitan dengan copyright melalui lembaga
yang diciptakannya, yakni Mizan Literacy Agency (MLA).
Hingga saat ini, Mizan telah memiliki
berbagai unit usaha yang kebanyakan berlokasi di Bandung dan Jakarta. Salah
satu unit usaha yang dimaksud adalah lini penerbitan, seperti PT Mizan Pustaka,
PT Bentang Pustaka, Penerbit Hikmah, Pelangi Mizan, PT Mizan Bunaya
Kreativa/DAR! Mizan, Penerbit Kaifa, PT Lingkar Pena Kreativa, Mizania, dan
Qanita.
B. PT Mizan Pustaka
Mizan Pustaka
merupakan bagian dari Mizan Publika Group, salah satu penerbitan terbesar di
Indonesia. Didirikan pada tahun 1983, publikasi awal terutama berupa buku
terjemahan karya pemikir terkemuka. Kini, Mizan Pustaka adalah penerbit yang
berbasis luas dengan kekuatan dalam genre fiksi, kesehatan, buku bisnis, buku
anak-anak, referensi, agama, dan non-fiksi populer.
Sebagai salah satu
penerbut terkemuka di Indinesia, Mizan Pustaka membawa sejarah penerbitan yang
membanggakan. Dari hanya tiga buku perbulan pada tahun-tahun pertamanya,
Kelompok Mizan kini telah memproduksi total sekitar 600 buku per tahun dan
berhasil menerbitkan banyak karya laris. Di dalam kelompok penerbitnya terdapat
bebrerapa imprint dan lini seperti Qanita, Kaifa, Mizana, dan DAR! Mizan
untuk buku anak dan remaja.
Mizan Pustaka memiliki
reputasi dalam keunggulan kualitas produk serta komitmen pada pelayanan.
Keahlian editorial kami, standar yang tinggi dalam desain dan nilai-nilai
mendorong kami untuk bekerja keras memproduksi buku-buku terbaik. Berbagai buku
yang diterbitkan oleh Mizan Pustaka telah secara teratur memenangkan
penghargaan dari Asosiasi Penerbit Buku Indonesia.Banyak di antara penulis
menempati daftar buku terlaris nasional dan penerima hadiah sastra besar di
Indonesia.
Mizan Pustaka secara
konsisten berada di garis depan dalam inovasi dan mengikuti perkembangan
teknologi, Mizan Pustaka adalah penerbit Indonesia pertama yang menuadi mitra
utama Google Book Search pada tahun 2008, dan sekarang siap untuk mendigitalkan
konten dan produk sebagai e-book untuk memnuhi permintaan konsumen dan
menghasilkan peluang bisnis tambahan.
· Pengumpulan naskah
· Penyuntingan di bagian
editorial
· Desain Cover
· Promosi pra-percetakan
· Cetak
· Promosi
pasca-percetakan
· Pendistribusian ke
toko buku
· Penerbitan sampai ke
konsumen
Kriteria
Pengajuan Naskah Nonfiksi
Kriteria naskah:
1. Isi naskah dapat
dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
2. Naskah ditulis secara
logis dan sistematis dan karya asli.
3. Belum pernah
dipublikasikan penerbit lain.
4. Memiliki rujukan yang
jelas.
5. Memiliki orisinalitas
atau kebaruan.
6. Memiliki peluang pasar
(marketabilitas) yang bagus.
7. Tulisan utuh/padu
(monograf), bukan kumpulan tulisan.
8. Bukan karya ilmiah
(skripsi, tesis, disertasi).
Kriteria Pengajuan Naskah Novel
Kriteria naskah:
1. Naskah harus karya
asli
2. Belum pernah
dipublikasikan penerbit lain.
3. Memiliki cerita yang
unik dan tidak klise.
4. Naskah ditulis dengan
rapi (logis dan sistematis).
5. Memiliki peluang pasar
(marketabilitas) yang bagus.
6. Tulisan utuh/padu
(monograf), bukan kumpulan tulisan.
7. Tidak menimbulkan
kontroversi, terutama berhubungan dengan moral dan agama.
8. Sertakan
Sinopsis
Prosedur Pengajuan Naskah
(Jika naskah telah memenuhi kriteria tersebut di atas)
(Jika naskah telah memenuhi kriteria tersebut di atas)
1. Surat pengantar.
2. CV (Daftar Riwayat
Hidup) dengan alamat lengkap nomor telepon yang dapat dihubungi.
3. Naskah: 1) Keseluruhan
isi naskah, 2) Berupa fotokopi (bukan asli/master), hard-copy atau print-out
(redaksi belum melayani naskah via email jikapun ya redaksi
lebih mendahulukan utk mengevaluasi naskah yg dikirim dalam
bentuk hardcopy), diketik komputer (bukan ketikan mesin tik manual).
4. Kirim ke:
Redaksi Penerbit Mizan
-U.p. Bpk. Andityas Prabantoro, redaksi tidak menerima naskah PUISI (untuk naskah bertema keislaman dan dewasa (umum).
-U.p. Bpk. Benny Rhamdani (untuk naskah bertema umum (remaja), novel, cerpen, remaja, anak) persyaratan tambahan untuk naskah remaja dan anak: panjang naskah minimal 70 hal, maksimal 150 halaman, spasi satu, font times new roman 12pt, A4.
-U.p. Bpk. Andityas Prabantoro, redaksi tidak menerima naskah PUISI (untuk naskah bertema keislaman dan dewasa (umum).
-U.p. Bpk. Benny Rhamdani (untuk naskah bertema umum (remaja), novel, cerpen, remaja, anak) persyaratan tambahan untuk naskah remaja dan anak: panjang naskah minimal 70 hal, maksimal 150 halaman, spasi satu, font times new roman 12pt, A4.
1. Novel anak:
petualangan yang seru dan lucu berbau detektif (modern, lincah, humor)
2. Ilustrated book:
kisah-kisah menakjubkan yang cocok buat anak.
3. Buku penunjang
pelajaran SD yang disajikan dengan gaya populer.
4. Untuk lebih memahami
trend saat ini silakan baca dan lihat produk-produk terbaru DAR!
Keterangan
1. Jangka waktu evaluasi
naskah kurang lebih 3 bulan. secara bertahap akan kami upayakan agar maksimal
respons dalam waktu 1 bulan. Paling lama 6 bulan.
2. Jika Redaksi menolak
penerbitan naskah, akan kita kabari via surat atau telepon., bahan naskah tidak
akan dikirimkan kembali kecuali disertai perangko yang mencukupi.
3. Apabila naskah layak
terbit, kami akan kabari via surat dan telepon dan dillanjutkan dengan
pembuatan Surat Perjanjian Penerbitan. Dan penulis akan diberikan pilihan oleh PT. Mizan Pustaka
untuk memelih antara keuntungan secara Royalti atau Jual Putus. Maksud dari
Royalti ini penulis akan diberikan 10% dari hasil penjualan buku. Sedangkan Jual
Putus yaitu penulis menjual naskahnya dengan sekali pembayaran. Perjanjian ini
dilakukan diatas materai.
BAB III
PENUTUPAN
A. Kesimpulan
Mizan Pustaka
merupakan bagian dari Mizan Publika Group, salah satu penerbitan terbesar di
Indonesia. Didirikan pada tahun 1983, publikasi awal terutama berupa buku
terjemahan karya pemikir terkemuka. Hingga saat ini, Mizan telah memiliki
berbagai unit usaha yang kebanyakan berlokasi di Bandung dan Jakarta. Salah
satu unit usaha yang dimaksud adalah lini penerbitan, seperti PT Mizan Pustaka,
PT Bentang Pustaka, Penerbit Hikmah, Pelangi Mizan, PT Mizan Bunaya
Kreativa/DAR! Mizan, Penerbit Kaifa, PT Lingkar Pena Kreativa, Mizania, dan
Qanita. Di dalam kelompok penerbitnya terdapat beberapa imprint dan lini
seperti Qanita, Kaifa, Mizana, dan DAR! Mizan untuk buku anak dan remaja.
Kegiatan di PT.Mizan
sendiri yakni pengumpulan naskah, penyuntingan, desain cover, promosi pra
cetak, cetak, promosi pasca cetak, pendistribusian, dan penerbitan. Kriteria
untuk mengajukan sebuah naskah ke Mizan antara naskah Fiksi dan Nonfiksi
berbeda.
Komentar
Posting Komentar